Selasa, 03 Januari 2012

Ingin Menbuat Usaha Cafe Sendiri

Sekarang banyak orang yang mendirikan cafe di kota- kota besar atau kota – kota kecil. Apalagi jika terdapat tempat yang strategis, maka biasanya banyak bermunculan cafe – cafe. Differensiasi setiap cafe juga memiliki keunggulan masing – masing, ada yang untuk baca buku, nonton film, penggemar motor, penggemar seni, mahasiswa, dll. Namun tidak semua cafe yang berdiri ini berhasil sesuai dengan rencananya.
Mungkin saya berencana membuat café yang bisa terjangkau oleh kantong para mahasiswa ataupun pelajar. Mungkin mulia dengan hal kecil saja yang bisa menarik para mahasiswa atau pelajar dengan mempersembahkan band-band local pada hari tertentu dan juga memutarkan film yang sedang favorit dikalangan para remaja. Jika hal itu bisa berrjalan dengan lancar paling tidak saya bisa menambah kan hal-hal yang kurang di café saya dengan cara meminta saran dari para pelanggan yang datang. Dengan melakukan hal itu tentunya pasti akan mengetahui permintaan para pelanggan bagaimana menambah hal yang kurang dalam café apakan dalam hal makananan & minuman atau kah pelayanan mungkin juga dengan pertunjukan yang disajikan supaya pelanggan betah, enjoy berada di café dan tentunya agar pelanggan tidak kapok untuk datang lagi di café.
Hal yang akan saya tentukan lagi yang paling penting adalah tempat membukanya. Hal yang bisa membuat café menjadi berkembang. Tidak mungkin juga kalau mau membuka café di tengah-tengah pedesaan atau pun pemukinman yang kurang bersahabat dengan yang namanya café. Saya akan mencari tempat dekat dengan kampus-kampus ternama disuatu kota tersebut. Agar café bisa terus berkembang dan tentunya sesuai harapan saya bisa membuka cabang lain di dekat kampus-kampus terkemukan lainnya di kota-kota besar.
Setelah saya merencanakan tempat, makanan, dan konsep café serta pertunjukan apa yang akan disajikan dalam  café saya. Tentunya juga harus mulai membuat strategi pemasaran yang baik agak pelanggan bisa tertarik sesuai dengan keinginan.
1.   Membuat brosur-brosur yang akan disebar di sebuah sekolah-sekolah atau pun kampus-kampus yang jaraknya tidak seberapa jauh dari café.
2.   Melakukan promosi-promosi dalam peket pembelian tertentu.
3.   Melakukan pengiklanan di dunia maya atau pun di surat kabar lokal.


Tips Membangun Bisnis Cafe
  1. Café menengah ke bawah tidak begitu memperhatikan pelayanan dan kualitas produknya. Jika sudah memiliki keunggulan tertentu, anda bisa mengalihkan anggaran dana untuk melakukan strategi promosi.
  2. Jika Café yang menyasar menengah keatas, anda harus benar – benar memperhatikan masalah: pelayanan, kebersihan, kualitas produk dan sistem manajemen.
  3. Untuk produk yang memiliki keunikan tersendiri, harus dapat dipertahankan keunikannya. Jangan sampai keunikan tersebut hilang.
  4. Jika anda memiliki café yang memiliki keunikan tersendiri dan belum ada yang lainnya, maka anda harus melakukan branding ( penguatan merek atau differensiasi usaha ) kepada konsumen. Sehingga image usaha anda akan tertanam sebagai The First dalam usaha ini.
Tips Merangkul & Mempertahankan Komunitas

Disini akan  dijelaskan beberapa cara bagaimana merangkul dan mempertahankan komunitas tersebut.
  1. Cari dan temukan komunitas yang ada di daerah anda, yang belum disentuh ( belum dimilikioleh café lainnya ). Komunitas tersebut bisa berupa komunitas besar ataupun kecil ( dilihat dari jumlah anggotanya ), atau komunitas bisa berarti orang – orang yang menggemari sesuatu.
  2. Jika anda sudah menemukan komunitas tersebut, segera untuk membuat penelitian dan lakukan pendekatan untuk memperoleh informasi. Informasi yang harus kita peroleh adalah: Suasana seperti apa yang disukai, senang dalam hal apa, bagaimana prilaku mereka jika berkumpul – kumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan, dll.
  3. Informasi tadi berguna bagi anda untuk menentukan suasana cafe dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan mereka.
  4. Buatlah kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan mereka, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka untuk berkumpul dan menikmati cafe anda.
cara mudah mempromosikan bisnis café yang dapat Anda jalankan.
  1. Menjaga cita rasa hidangan dan memberikan pelayanan yang memuaskan.
  2.  Manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya.
  3.  Membuat website
  4.  Promosikan melalui mobile marketing.
  5. Memberikan kartu member dengan jaringan diskon.
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar